Senin, 11 Juni 2012

Hilangnya Kerajaan Pajajaran

Prabusiliwangi menghilang bukan berdasarkan perang melawan anak dan cucunya melainkan hanya semata mata tidak ingin membanjiri darah dengan anak cucunya apa lagi prabusiliwangi adalah ayah yang bijak sana dan penuh wibawa pada rakyatnya prabusiliwangi menghilang ada dibeberapa tempat diantara gunung gede gunung salak kedua gunung ini prabusiliwangi paling suka karna ketenangan dan kedamaian dan ketentraman batinnya yang slalu bergejolak tentang iman,karna prabusiliwangi bersi keras mengikuti ajaran terdahulunya dan prabusiliwangi tidak mau mengikuti ajaran istrinya namun secara hakiki prabusiliwangi telah masuk islam melalui istri nya yang kedua yaitu nyi subang larang anak ki gedeng tapa dan menghasilkan 2 putra 1 putri yaitu raden walang sungsang dan nyi rara santang serta raja sangara atau kiansantang.diantara istri dan putra putrinya prabusiliwangi merasa berdosa tidak meneruskan ajaran islam yang pernah diikrarkannya pada sumpah perkawinannya dengan nyi subang larang dengan maskawin berupa tasbih dipondok pesantren syeh Quro dikarawang .
Prabusiliwangi merasa malu dengan istri dan putra putrinya serta cucu yang menjadi wali sunangunug jati anak dari rara santang apa lagi pada waktu itu prabusiliwangi terkalahkan pasukan islam dan rakyat pajajaran hampir seluruhnya masuk islam karna dan para pejabat tinggi pajajaran kebanyakan lari kedaerah banten yaitu daerah badui kabupaten rangkas dan ada yang kegarut serta kecerebon semua pembesar kerajaan pajajaran tidak mau masuk islam masih mengikuti ajaran animisme atau kepercayaan tapi islam tidak melarang dan tidak memaksa bahkan mendapat perlindungan dan diberikan tempat.
prabusiliwangi menetap didua gunung yaitu gunung gede dan gunung salak sehingga kematian prabusiliwangi masih mistirius bahkan pecahnya gunung salak pada tahun 1609 dahsatnya bukan kepalang dan meratakan kota bogor dan dampaknya hingga jakarta kemarahan gunung salak ini adalah murka dari Allah swt untuk seorang raja pajajaran karna digunung salak pada waktu itu banyak manusia menyembah batu dan pohon serta kawah ratu yang dianggap suci dan saklar mempersekutukan Allah swt sehingga Allah swt murka dan dihancurkanlah gunung salak , sehingga sekarang ini gunung salak masih didatangkan para pejiarah karna keangkerannya bahkan burungpun tidak sanggup lewat area makam makam kerajaan digunung salak beberapa pesawat ikut menjadi korban,inilah kisah prabusiliwangi raja yang arip dan bijak sana hanya kesalahannya mempermainkan agama islam tentang perkawinan yang dianggap sepele dan gampang akhirnya dibayar sangat mahal sehingga hilangnya kerajaan pajajaran,, hikmah hilangnya kerajaan pajajaran adalah sebuah pelajaran dari seorang yang mempermainkan islam sehingga prabusiliwangi sampai sekarang ini belum ter'ungkap dan terbuka tabir sejarah hilangnya kerajaan prabusiliwangi ,,,


25 komentar:

  1. cerita bohong ini,,,,, jah dari sejarah aslinya,,, ini hanya cerita anak mau tidur bos

    ngawadul teh kabina-bina teuing jang....

    BalasHapus
  2. bego lu ..ini itu asli anjing

    BalasHapus
  3. benr atu salah kita ambil hikmh dri sejrh kota tercinta pasundan ini,klo mnurt klian ini rekyasa silhkn cari infrmsi tntng kbnrnya..

    BalasHapus
  4. Ini mana yang bener sih? Pada beda beda cerita tentang prabu siliwangi

    BalasHapus
  5. akulah titisan prabu siliwangi. Sbnarnya sbnar nya blm ada yg tau sejarah aslinya,cuma aku yg tau.karna aku punya buku sejarah peninggalan eyang dari gunung sembung.

    BalasHapus
  6. Nanti pun terkuak kebenarannya,,

    BalasHapus
  7. Nggak usah berdalih paling benar, ngaku paling tau dan menyalahkan cerita ini...... biarin orang berexplorasi lewat cerita.....
    klo memang ente2 tau kebenaran sesungguhnya sejarah ini, tak kaji, tak sembah ilmu ente2....
    Kebenaran dan kesempurnaan hanya milik Alloh SWT

    BalasHapus
  8. wis lah ora usa ribut, peace sedulur kabeh
    والله اعلم بصواب

    BalasHapus
  9. Karena murka allah maka gunung salak pecah. Ini akibat banyak yang menyembah batu.
    Karena murak allah juga maka aceh luluh lantah dihajar tsunami. Ini akibat banyak orang aceh yang menyembah batu hitam.

    BalasHapus
  10. jika ingin membuat artikel yg terkait dengan sejarah, memang sebaiknya lebih berhati2, dengan terlebih dulu menghimpun Info dari sumber xg akurat. Trims

    BalasHapus
  11. sebaiknya semua yang yang terlibat, baik yang menulis, yang mengomentari, yang membaca, yang menganalisa dan yang mendukung maupun yang memprotes....... semuanya intropeksi.... self correction......... janganlah ada kata-kata yang dimunculkan dalam rubrik yang dibaca sampai jutaan orang ini dikotori dengan kata-kata yang tidak sepantasnya dibaca oleh orang lain........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idiih bijak banget tuch. setuju pak

      Hapus
  12. tah pami leres eta nu aya na sajarah sok weh pahami, tapi upami te pas sareng sajarah nu lian mangga weh pilari deui bilih seueur persi, nu paling pentingmah urang sadaya ulah dugi ka poho kana sjarah boh ti sunda atanapi ti saluruh jagad ieu, nu puguhmah urang kabeh ulah poho kana purwa jeng daksi, (aya Allah nu leuwih uninga kana kabeh kajadian)
    mangga emutan........................kamana jeng dimana eta karajaan pajajaran teh ayeuna.............................

    BalasHapus
  13. Mun sajarah diaji ku cara ojketif pasti aya hikmah nu kawilang geude, keur umat ayeuna. tapi mun angaji sajarah asal-asalan BALAKCUT doang nu gelo. Eta pibakaleun loba karujitan jeung balarea. Awas sing tarapti lur.....

    BalasHapus
  14. Cerita ttg Kiansantang versi ini, telah sy dengar waktu kecil dulu....... setelah sy membaca Naskah "Pangerang Wangsakerta" sepertinya terbukalah siapa Kiansantang.
    Menurut naskah Wangsakerta, Sri Baduga Maharaja, Raja Pajajaran mempunyai 3 istri, dari Istri pertama Kentring Manik Mayang Sunda mempunyai putra 2, yaitu Surosowan dan Surawisesa, dari istri kedua mempunyai putra: Suranggana, dari istri ketiga (Nyai Subang Larang, beragama Islam), mempunyai 2 org pura dan 1 org putri yaitu: Walang Sungsang/Pangeran Cakra Buana, Nyi Mas Rara Santang (putri) dan Raja/Jaya Sangara.
    Nyi Mas Rara Santang ini selanjutnya bermukim di Mesir dan menikah dg seorg Syah Bandar yang bernama Syarif Abdullah (yang melahirkan putra diberi nama Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Jati).
    Khusus unt Raja/Jaya Sangara, setelah dewasa berangkat ke Mekkah unt menunaikan ibadah haji serta memperdalam agama Islam, pada saat itulah oleh kaka iparnya (Syarif Abdullah), beliau diberi nama MANSYUR
    Sekembalinya dari jajirah Arab, oleh kakanya (Cakrabuana/Penguasa Cirebon) ditugaskan menyebarkan agama Islam kewilayah Priangan, disini Raja/Jaya Sangara/Mansyur diberi julukan oleh masyarakat dg nama GAGAK LUMAYUNG.
    Selanjutnya Raja/Jaya Sangara/MANSYUR/GAGAK LUMAYUNG, ditugaskan kembali oleh kakanya untuk menyebarkan agama Islam diwilayah Pantura sd Bogor, krn dianggap sukses dlm tugasnya, maka semakin terkenallah dia, yg dalam bahasa Sunda istilah semakin terkenal adalah KEAN/KIAN SANTANG yg artinya Semakin terkenal.
    Kemudian Oleh Cakrabuana, ditugaskan untuk membantu keponakannya ( Syarif Hidayatullah) dlm penyebaran Islam di Banten, bertugaslah Raja/Jaya Sangara/MANSYUR/GAGAK LUMAYUNG/KEAN/KIAN SANTANG ditanah Banten sampai akhir hayatnya dan dimakamkan di kaki Gunung Pulosari yg bernama Kp CIKADUEUN, serta dikenallah tempat ziarah ini dg nama MAKAM SYEH MASYUR CIKADUEUN
    Seperti itu sedikit yg sy ketahui
    Hampura
    H Mulyana

    BalasHapus
  15. sebener ya kerajaan siliwangi tuh tepat ya ada di mana sih?????

    ada yang tau gax bosss????

    BalasHapus
  16. nonton aja di mnc tv jam 9 mlm hahahahahahaha setiap hari

    BalasHapus
  17. dari pada gk jelas, klo cuma crita kan gk bisa liat sob mending nnton film nya aja wkwkwwkwkwkwkw

    BalasHapus
  18. coba berpikir pake logika.. sunan rahmat hidup diatas 1000 masehi.. sdngkan dalam sejarah rakean sancang pernah bertemu syaidina ali...nah syaidina ali hidup ditahun berapa???????????????????

    BalasHapus
  19. Koreksi..1.RAKEYAN SANCANG = KIAN SANTANG ????
    2.blajarlah dari peristiwa nabi musa saat berguru dengan nabi khidir as.
    Nb: harus tau dulu sejarah nabi khidir
    3.hidayah bisa datang dengan cara yg allah kehendaki bahkan bisa di bilang di luar logika(mungkin saja kiansantang bertemu sayid ali dgn izin allah..terkait dengan maha kuasanya(tidak ada yg mustahil) tapi pastikan dulu RAKEYAN SANCANG = KIAN SANTANG ..hehee..
    ini hanya share sy bisa saja salah..karna kebenaran hanya milik ALLAH AZA WA JALLA.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus